Rabu, 05 Juni 2013

Diabet,Gula Pantangannya

Ini Dia 4 Pantangan Bagi Penderita Diabetes

Ini-Dia-4-Pantangan-Bagi-Penderita-Diabetes-1
Apa saja 4 pantangan bagi penderita diabetes ? | Kebanyakan orang tahu, bahwa bagi penderita diabetes, mereka perlu mengontrol kadar gula yang ada di dalam darahnya.

Hal ini, tentu saja berimbas kepada pemilihan makanan dan minuman yang selektif dan ketat. Makanan dan minuman yang wajib dihindari adalah mereka yang mampu melonjakkan kadar gula darah dengan instan.

Oleh karena itu, menjauhi mereka adalah hal yang utama bagi penderita diabetes, agar tidak ada masalah kesehatan yang lebih buruk menimpa mereka. Jadi sebenarnya, pantangan bagi para penderita diabetes terletak kepada pemilihan makanan yang tepat. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat daftar pantangan yang harus dihindari oleh mereka:

1. Buah dengan kadar gula tinggi


Buah pada dasarnya memiliki serat yang baik bagi kesehatan kita semua. Namun, untuk penderita diabetes, hal tersebut tidaklah berlaku secara umum. Ada beberapa buah yang perlu dihindari, karena kandungan gula darahnya yang tinggi dan itu tidak baik bagi penderita diabetes.

Diantaranya, ialah pisang, sirsak, mangga, nangka dan durian. Buah - buah tersebut memang cukup menggiurkan, bukan ? namun mengingat akan dampak negatif yang ditimbulkan terhadap penderita diabetes, maka buah ini harus dihindarkan dari mereka.

Tetapi, bukan berarti semua buah tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes. Buah yang memiliki kadar gula rendah seperti, jeruk, apel dan pir, insya Allah masih aman dikonsumsi oleh mereka.

2. Makanan instan


Siapa yang tidak suka makanan instan. Selain cepat dalam pembuatannya, rasanya pun juga enak. Makanan instan, seringkali dipilih oleh mereka yang mempunyai rutinintas kerja padat, sehingga tidak mempunyai waktu untuk membuat masakan sendiri. Namun, jenis makanan ini tidaklah baik bagi penderita diabetes.

Pasalnya, kebanyakan makanan instan tidak memperhatikan aspek nutrisi bagi konsumennya. Nutrisi sangat diperlukan oleh tubuh untuk menunjang kinerja organ didalamnya.

Dikhawatirkan, ini akan berakibat rusaknya sel beta pankreas yang berfungsi sebagai produsen insulin yang cukup guna mengontrol kadar gula darah. akibat malnutrisi dari makanan instan

3. Makanan mengandung karbohidrat sederhana


Makanan berikutnya yang masuk daftar pantangan bagi para penderita diabetes, ialah yang mengandung karbohidrat sederhana. Karbohidrat sederhana tidak memerlukan proses pencernaan, sehingga akan berakibat melonjaknya kadar gula dalam darah.

Itulah sebabnya, mengapa para penderita diabetes disarankan mengkonsumsi beras merah dan gandum karena mereka memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang memerlukan proses pencernaan yang lebih lama.

4. Olahraga terlalu berat


Pantangan terakhir rupanya tidak terkait dengan makanan. Olahraga memang disarankan bagi penderita diabetes agar mereka dapat menjaga kestabilan gula darah mereka.

Namun mengingat kondisi fisik mereka yang lemah akibat kadar gula darah mereka, disarankan agar melakukan olahraga ringan dan tidak berlebihan. Jika tidak, ditakutkan tubuh akan mengalami dehidrasi dan itu hanya akan memperburuk kondisi kesehatan mereka.



Itulah 4 pantangan bagi penderita diabetes yang perlu diketahui. Intinya, kita perlu mengatur asupan makanan kita dan menghindari makanan maupun minuman yang mengandung kadar gula tinggi atau mempunyai efek melonjakkan kadar gula darah kita dengan seketika. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar